Jumat, Agustus 12, 2011

Sepeda baru, semangat baruku....


Kring.... kring ada sepeda...
Sepeda roda dua, kudapat dari mamam....
k'rena ku ingin olah raga ..

Nyanyian itu yang selala kusenandungkan dalam hati ketika Kamis, 11 Agustus 2011 secara mendadak istriku mengajak ke toko untuk membelikanku sebuah sepeda. Sepeda ini rencananya akan kupakai ke tempat kerja. Bukan latah ingin seperti para PNS di Kota Yogyakarta yang punya progran SEGASEGAWE (Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe) tetapi didasari oleh kesadaran pribadi bahwa akhir-akhir ini aku mudah sekali sakit. Flu dan badan lemah-lunglai adalah makanan sehari-hari bagiku. Sehari sehat, sehari sakit, demikian hari-hari yang kujalani.

Memang seorang teman pernah mengatakan bahwa umur 40 adalah "puncak kemunduran kesehatan seseorang. Pada masa ini akan mudah terserang penyakit bila daya tahan tubuh tidak dipersiapkan sebelumnya", demikian temanku berteori. Sayapun segera membenarkan kata-katanya karena memang mengalami sendiri. Akhir-akhir ini mudah sekali sakit. Jujur saya sadari, selama ini sangat malas berolah-raga. Himpitan pekerjaan dan seabreg alasan lain mendorongku menjadi manusia malas menggerakkan badan.

Maka, sebuah "skenario" kami buat, sepeda motor yang selama ini saya pergunakan untuk bekerja, dijual. Sebagai gantinya, saya harus mau bersusah - payah mengayuh sepeda onthel menuju tempat kerja. Jalan yang menanjak, kaki yang pegal-pegal atau sedang berpuasa, tidak boleh menjadi alasan untuk menggagalkan "skenario" ini. Demi kesehatan yang harus kuraih....!!!!

Singkat cerita, sepeda merah akhirnya menjadi milik kami, dan pagi tadi, Jumat, 12 Agustus 2011, saya benar-benar berangkat kerja dengan mengayuh sepeda. Jalanan yang menanjak dan riuh-rendah jalanan oleh lalu-lalang sepeda motor tidak menyurutkan niatku karena sinar mentari pagi yang menggerayangi tubuh, lebih menghangatkan semangat 45 di dada ini.

Kring.... kring..... ada sepeda.... sepeda roda dua...

Bait lagu itulah yang selalu kusenandungkan mengiringi ayunan pertamaku, meskipun tadi malam diriku tidak sempat makan sahur karena bangun kesiangan. Namun demi kesehatan, semua akan terasa enak.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar