Jumat, November 06, 2009

Sekelumit kisah langkah baruku ...

Terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2009, oleh Bapak Kepala UPT TK dan SD Kecamatan Wonosari, aku dipindahtugaskan/mutasi sementara ke SD Wonosari I. Di sisi lain ada kebanggan tersendiri ketika menerima penugasan yang baru ini, karena SD Wonosari I, adalah satu-satunya SD Rintisan Bertaraf Internasional di Gunungkidul (Lha iya to mas... gak baca UU po...? yang namanya SBI ato RSBI itu sekurang-kurangnya 1 di tiap kabupaten/kota), namun di sisi lain juga mengandung beban moral, tanggungjawab dan kerja keras yang tidak ringan.

Sebenarnya rencana mutasi ini sudah lama aku ketahui, menjelang Uji Kompetensi Program Sertifikasi Guru, secara informal Bapak Kepala UPT menawarkan formasi baru di SD-ku sekarang. Namun dengan bahasa yang halus, diriku masih bisa menolak dengan alasan masih menyelesaikan studi.

Hingga pada hari Kamis, 27 Agustus 2009, aku terlibat diskusi yang sangat menarik dengan Bapak Kepala UPT di kantor UPT TK SD, mulai dari membahas permasalahan profesionalisme guru, pendidikan secara umum, peningkatan kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sampai pada topik-topik yang ringan dan humanis. Muara diskusi ini beliau bertanya, "Kapan Pak Eko punya waktu?". Pertanyaan ini sebenarnya kalimat terpotong, yang dapat saya tafsirkan sebagai "Kapan Pak Eko punya waktu untuk segera mutasi ke SD Wonosari I?"
Pertanyaan beliau saya jawab dengan agak diplomatis, "Sebenarnya surat penyerahan dari dekan USD sudah saya bawa Pak, kalau Bapak berkenan besok bisa saya serahkan".
"Bukan itu yang saya harapkan Pak, bukan sekedar administratif belaka, tetapi kapan Pak Eko benar-benar sudah punya waktu luang?"
Dengan mantap saya jawab, "Mulai 5 September 2009 Pak".

Cerita selengkapnya, seperti di awal tulisan ini, akupun melangkah ke SD Wonosari I, karena tanggal 28 September 2009 aku menerima penugasan di tempat yang baru .... SD RSBI Wonosari I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar